Join The Community

Premium WordPress Themes

Search

Rabu, 31 Mei 2006

Buku pelajaran utk dibeli

Tolong beli buku ini di Toko buku. Sudah terjemahan dalam bahasa Indonesia dan harganya 70 ribu rupiah saja. Gw udah pernah lihat di Gramedia

Utk melihat seperti apa bentuknya silakan click link dibawah ini :

Buku lain yang sebaiknya dimiliki:

Nanti list akan ditambah sejalan dengan waktu

Senin, 29 Mei 2006

Materi 3D dan Drawing yang bisa didownload

Silakan download beberapa link berikut:


Materi2x di atas akan berguna sebagai materi pendukung pelajaran kita di kelas ini

Thanks
Adez

Kamis, 25 Mei 2006

Kok gambar melulu? Kapan mulai belajar Softwarenya?

Selama ini kita terus menggambar...menggambar dan menggambar tanpa menyentuh 3D sama sekali. Gw tahu bahwa sebagian besar murid sekolahcg menyangka bahwa begitu mereka bergabung bersama sekolahcg pada saat itulah mereka bisa memegang software animasi.

Mohon maaf sekali buat yang merasa kecewa dengan apa yang kita jalani selama ini. Namun gw lebih senang punya sedikit ?murid? yang mengikuti konsep yang gw yakini selama ini daripada mempunyai murid banyak yang nggak mengerti atau tidak mau mengerti sama sekali apa yang mereka butuhkan.

Buat gw membuat sebuah karya animasi 3D adalah ibarat
MENGGAMBAR DENGAN MENGGUNAKAN GALAH

Artinya utk bisa membuat karya animasi berkualitas baik..kita harus bisa menggambar dulu baru belajar menggunakan galah. Apa gunanya kita belajar menggunakan galah kalau kita tidak bisa menggambar? Software Animasi 3D itu cuma alat. Sebuah alat yang sedemikian canggih sehingga perlu waktu lama untuk menguasainya.

Proses menggambar akan banyak sekali kegunaannya, misalnya :
  • Character design
  • Storyboarding
  • Animation planning
  • Pengetahuan anatomy utk rigging
  • Visual vocabulary (wawasan) utk meningkatkan kualitas animasi.

Murid2x dari SEKOLAHCG diharapkan bisa menjadi seorang character artist yang lengkap. Dan arah ini dibuat berdasarkan permintaan peserta sendiri pada awal sesi SEKOLAHCG diadakan pada bulan February 2006.

Menjadi seorang Character Artist artinya peserta diharapkan bisa melakukan character modeling, texturing & shading, rigging, animasi hingga rendering. Intinya adalah menghasilkan sebuah short Animation utk diperlihatkan kepada orang2x terdekat yang dicintai dan kalangan luas.

Sesi basic akan segera selesai dan kita akan mengakhirinya dengan membuat character design.
Untuk yang penasaran dengan apa yang akan kita lakukan di masa mendatang. Programnya adalah:
  • Character design termasuk design pack (tampak depan, samping, belakang dan ? view)
  • Pengenalan software animasi 3D dengan simple modeling (pesawat dan tangan)
  • Character Animation (sangat sederhana)
  • Character Animation Full (kedua animasi ini dibuat dengan menggunakan rig yang sudah disediakan)
  • Character Modeling
  • Character Rig
  • Character Texturing
  • Tugas akhir : membuat short animation dengan locked camera (tanpa cut) dengan durasi 15-30 detik.

Durasi belum ditentukan kemungkinan besar adalah jumlah materi diatas dikali 2 atau 3 (antara 16-32 minggu) hingga selesai.

Rabu, 24 Mei 2006

Speed Life Drawing : POSE

Oke...kita sudah mulai mendekati bagian tersulit dari pelajaran dasar kita.

Tugas kali ini adalah kelanjutan dari tugas membuat 10 gambar menggunakan referensi yang telah kita gunakan sebelumnya.

Durasi tugas adalah selama satu jam. Tiap pose harus kita gambar selama lima menit saja dengan jumlah total 12 pose.

Tugas kali benar2x membutuhkan usaha karena selain menggambar kita harus membujuk teman terdekat kita utk melakukan pose yang dibutuhkan.

Ini bukan hal yang mudah dilakukan, terlebih jika teman kita bukan seorang model profesional.

Sebelum menggambar kita perlu menyediakan waktu utk:
  1. Berdiskusi dengan sang model (kalau perlu berlatih dulu) mengenai pose apa saja yang akan digambar pada saat sesi berlangsung
  2. Menyiapkan waktu dengan tempat khusus jika memungkinkan (terutama utk pose tiduran)
  3. Menyiapkan penerangan (lighting) agar lebih mudah menggambar
  4. Gambar akan lebih mudah dilakukan jika model berpakaian ketat sehingga kita tidak terganggu dengan kerutan baju dan detail2x lain yang tidak dibutuhkan.
Berikut adalah daftar dari pose-pose yang akan dilakukan:
  1. Berdiri santai
  2. Berdiri dengan satu tangan bersandar di tembok
  3. Berdiri dengan punggung bersandar di tembok
  4. Jongkok dari arah 3/4
  5. Duduk di kursi dari arah 3/4
  6. Duduk bersandar di tembok dari arah 3/4
  7. Duduk bersandar di tembok dari samping
  8. Duduk bersila
  9. Duduk dengan tangan di dagu
  10. Tidur terlentang
  11. Tidur telungkup
  12. Tidur miring (menghadap ke arah kita)
Hasil yang dicari adalah construction drawing dan proportion. Jadi dengan waktu singkat tidak mungkin menggambar secara detail (apalagi hingga ke shading secara akurat)

Life drawing cukup sulit dilakukan karena si model dan kita akan senantiasa terus bergerak. Jika kita menggambar patung sekalipun..posisi kita (sang penggambar) pun akan senantiasa bergerak. Namun inilah esensi gambar yang sebenarnya karena dengan menggambar life drawing sesering mungkin kita akan mempunyai kemampuan observasi yang tinggi yang akan bisa digunakan pada saat kita membuat sebuah karya 3D Art.

Setelah ini kita akan masuk ke dalam tugas character design dan mulai memegang software 3D yang dibutuhkan.

Good Luck...Selamat mengerjakan.

Rabu, 17 Mei 2006

Tugas 12: LIFE DRAWING

Akhirnya kita menyelesaikan tugas SELF POTRAIT. Gimana rasanya. Sulit apa tidak?
Sayang sekali tugas kemarin cuma 3 orang yg menyelesaikan pada waktunya.

Jadi gw menyarankan buat yang belum membuat tugas utk tetap membuatnya hingga selesai. Gak apa2x telat asal buat hahaha..

Oke. Tugas kali ini kembali ke LIFE DRAWING..tapi kali ini menggunakan model dari orang2x terdekat kita. Silakan aja gambar orang2x terdekat atau terkasih sebagai object. Jangan disuruh telanjang. Nanti malah "digampar" huahahaha....

Fokus gambar pada bagian wajah hingga dada (close up). Usahakan agar "model" bisa berdiam diri tanpa bergerak sama sekali. Waktu gambar kali ini adalah 30-45 menit.

Kesulitan utama dalam life drawing adalah shading. Jadi usahakan mendapatkan penerangan yang baik dengan menggunakan lampu pijar (bukan lampu neon). Lampu pijar yang bisa digunakan misalnya lampu belajar. Lampu pijar sangat baik digunakan karena menghasilkan tingkat kontras yang tinggi sehingga mempermudah shading.

Sebelum mulai menggambar atur dulu agar pencahayaannya bagus dulu barulah mulai menggambar. Mungkin karena model yang kita gunakan bukan model profesional (Art Model) mereka akan cenderung tidak tahan utk diam lama2x. Jadi kita harus bersabar utk meminta mereka kembali ke posisi semula.

Setelah selesai kalau karyanya bagus tentu akan jadi hadiah yang bagus sekali utk orang terkasih kita. Mereka pasti bangga kalau wajah mereka bisa di tangkap dengan baik oleh kita.

Jangan lupa utk memphoto wajah mereka setelah sesi gambar selesai. Tapi jangan sampai elo menggambar dari photo.

Tugas kali ini diberi kode : tugas11_nama_life_drawing
misalnya : tugas11_chris tirtha_life drawing

Selamat mengerjakan.

Jumat, 12 Mei 2006

3DCreative Magazine Issue 009 May 2006

3DCreative Magazine Issue 009 May 2006
3DCreative Magazine adalah sebuah majalah terkemuka di dunia 3 dimensi, majalah ini sangat populer dikalangan pencinta dan yang bergelut di senirupa bidang graphic design khususnya 3 dimensi, dan anda bisa download gratis disini. dan untuk posting kali ini saya akan membagikan kepada anda semua 3DCreative Magazine Issue 009 May 2006.

Magazine Detail :

Title : 3DCreative Magazine Issue 009 May 2006
Publisher : http://www.3dcreativemag.com
Language : English
Type : pdf
Jumlah Halaman : 179 page
Besar File : 92 MB
Download : Mediafire
Jika anda belum mengetahui cara download di adf.ly, silahkan baca di menu about diatas.

Rabu, 10 Mei 2006

Self Potrait

Gimana rasanya mengerjakan speed drawing di tutas lalu? Tentunya agak kerepotan ya?
Nggak apa2x kok...asal sering belajar tentu hasilnya akan semakin bagus. Kalau bisa coba utk belajar sendiri dengan mengumpulkan 10 gambar referensi setiap minggunya dan kemudian latihan yang sama diulang dengan menggunakan waktu 1-2 menit saja pergambar. Jadi latihan kita akan selalu terbagi atas speed drawing (1,2-5 menit) , 30 minutes drawing dan 45 minutes drawing.

Oke sekarang saatnya kita memulai latihan Live drawing. Tidak ada yang lebih mengasyikkan daripada menggambar kita sendiri. Jadi latihannya sederhana saja:
  1. Siapkan cermin, kalau bisa yang berukuran cukup besar
  2. Gambar wajahmu sendiri

Tujuan dari latihan ini adalah:
  1. Mempersiapkan diri menggunakan model yang sesungguhnya
  2. Membuat kita mengenali diri kita sendiri.
Dengan membuat self potrait dengan cermin kita akan menyadari bahwa model sesungguhnya akan "selalu bergerak". Saat itu kepala kita akan membuat 2 gerak utama yaitu pada saat memandang cermin dan pada saat menggambar. Inti dari Live drawing sendiri adalah "menangkap moment" atau menghentikan sebuah gerakan menjadi momen diam yang bisa diabadikan.

Self Potrait adalah medium yang paling sering digunakan oleh pelukis2x terkenal seperti Albrecht Durer, Rembrant dan banyak pelukis lainnya.

Seperti biasa gw dan chris gak akan berhenti mengingatkan bahwa latihan yang diberikan di sini adalah latihan dasar. Dan semua latihan ini harus diulangi lagi terus menerus oleh elo sendiri utk mendapatkan hasil yang maksimal.

Utk tugas silakan ditulis dengan tugas11_nama_potrait
misalnya: tugas11_stanley_potrait

Senin, 08 Mei 2006

2DArtist Issue 005 May 2006

2DArtist Issue 005 May 2006
2DArtist Magazine adalah sebuah majalah terkenal di dunia 2 dimensi yang banyak sekali di cari oleh pencinta dunia graphic design. dan anda bisa mendownload di blog senirupa ini secara gratis setiap edisi yang dikeluarkan oleh 2DArtis Magazine tersebut, dan kali ini saya akan membagikan kepada anda semua 2DArtist Issue 005 May 2006.

Magazine Detail :
Title : 2DArtist Issue 005 May 2006
Publisher : http://www.2dartistmag.com
Bahasa : English
Type : PDF
Jumlah Halaman : 93 page
Besar file : 82 MB
Download : Mediafire