Join The Community

Premium WordPress Themes

Search

Minggu, 25 Januari 2009

Mengekspor Gambar Kreasi Macromedia Flash 8 ke JPg

Hasil Kreasi Flash
Perhatikan gambar (badut) disamping! Mungkin anda akan merasa kesulitan membuat gambar dengan berbagai lekukan seperti gambar badut disamping dengan menggunakan Adobe Photoshop ataupun CorelDraw. Gambar disamping saya buat dengan menggunakan Macromedia flash 8 dan saya publish menjadi file gambar berekstensi JPG sebelum saya ubah formatnya menjadi GIF dengan Adobe Photoshop.


Dibawah ini mekanisme pembuatan file gambar JPG dengan Macromedia Flash 8:

1. Membuat gambar dengan menggunakan Macromedia Flash 8

Anda dapat membuat gambar yang menarik yang terbentuk dari kombinasi objek-objek dasar dengan menggunakan Line Tool, Oval Tool, REctangle Tool, Polystar Tool, Pencil Tool dan Brush Tool. Untuk pewarnaan objek gunakan Paint Bucket Tool. Untuk membuat lengkungan objek, anda dapat menggunakan Selection Tool. Kreatifitas anda sangat menentukan baik buruknya sebuah gambar, tapi jangan takut jika gambar anda kurang menarik dimata orang. Saya kira kalimat ini patut anda ingat-ingat dalam menggambar: "Seni itu tidak takut salah". Silahkan anda berkreasi sesuai keinginan anda.

2. Publising ke dalam bentuk file berekstensi JPG

Setelah anda selesai membaut gambar, langkah selanjutnya adalah mem-publish ke dalam bentuk gambar. Publish berbeda dengan Save atau Save As. Keduanya mempunyai ekstensi file yang sama yaitu .fla yang merupakan format file macromedia flash.

Pada menu Publish Setting... (CTRL + SHIFT + F2), anda dapat melakukan pengaturan format file yang akan diahsilkan diantaranya adalah format JPG.

Klik menu File > Publish Setting...atau anda menekan tombol shortcut CTRL + SHIFT + F2. Pada kotak dialog yang mucul, pastikan hanya ada satu check box yang terseleksi yaitu pada check box JPEG Image (.jpg). Tentukan direktori tempat penyimpanan hasil proses publishing dengan mengklik lambang folder yang terletak disebelah kanan.

Seleksi check box JPEG

Sebelum anda menekan tombol Publish, ada baiknya anda memperhatikan tab JPEG di sebelah kanan tab Format. Disitu anda dapat melakukan pengaturan dimensi dan kualitas gambar (JPEG).

Atur dimensi dan kualitas gambar

Klik tombol Publish, setelah proses publishing selesai, akhiri dengan mengklik tombol OK.

Selesai! Mudah sekali bukan?

Selasa, 13 Januari 2009

Filters Unlimited

Plugins yang satu ini mempunyai banyak efek-efek, frame, filter dan ratusan fungsi Plugins menjadi satu lainnya disini, anda tinggal mengklik dan otomatis photo berubah....

berikut photo yang di sentuh plugins ini :


Download sekarang gratis disini


Seperti Digital Dominion plugins ini sangat membantu bagi para editor photo yang photoshop sebagai editornya. dengan plugins ini kita bisa menambahkan efek-efek husus yang sebelumnya tidak ada pada photoshop

OK Untuk memulainya silahkan Download Dulu Pluginsnya Disini
setelah itu ekstak file tersebut, kemudian Instalkan ke Photoshop dengan cara
Copy folder ICNET-Filters.db dan File FiltersUnlimited2.8bf ke direktori instalasi photoshop, biasanya berada di C:\Program Files\Adobe\Photoshop ..... \Plug-Ins

setelah itu jalankan Photoshop anda, dan
JRENG.... JRENG... JRENGG... Photoshop anda sekarang keren... hehehe

untuk memulai plugins ini caranya yaitu :
[1] buka photo yang akan di edit
[2] pada menu FILTER pilih <
ICNET.Software >
[3] Pilih Filter yang anda Inginkan

Sekian Tutorialnya,.. lain kali disambung lagi Key......



Rabu, 07 Januari 2009

Popular Woodworking Magazine January 2000 Issue 112

Popular Woodworking Magazine

Popular Woodworking Magazine 

January 2000 Issue 112
English | pdf | 60 page | 10,29 MB
Download : Click Here

Selasa, 06 Januari 2009

welcome

Selamat datang..... di dunia keseimbangan tanpa batas

Senin, 05 Januari 2009

Membuat Kontrol Animasi: Tombol Play

Tombol play

Tombol Play digunakan untuk memberikan sentuhan pada animasi yang kita buat agar lebih interaktif, artinya terjadi sebuah komunikasi antara animasi dengan pengguna. Animasi tidak akan berjalan sebelum pengguna menekan tombol play. Ada 3 komponen utama yang dibutuhkan dalam membuat kontrol tombol play pada animasi yaitu Movie Clip, Button dan Action Script. Agar komponen Button (tombol) dapat berkomunikasi dengan Movie Clip (animasi) maka sebuah Movie Clip diberi sebuah Instance Name yang digunakan sebagai nama panggil dalam sebuah action script yang mengatur kontrol animasi tersebut. Software yang saya gunakan adalah Macromedia Flash 8.


Berikut langkah-langkah membuat kontrol animasi tombol play:

1. Buat sebuah Movie Clip yang didalamnya terdapat objek yang dianimasikan terdiri dari beberapa frame. Contoh: saya membuat sebuah Movie Clip bernama Bola Pantul yang didalamnya terdapat animasi bola pantul.

Buat animasi Movie Clip

2. Berilah animasi Movie Clip tersebut 2 buah action frame (action script yang diletakkan pada frame. Action script yang pertama diletakkan pada frame paling awal dan action script yang kedua diletakkan pada frame paling akhir / belakang.
Caranya: Tambahkan sebuah layer baru dalam aniamsi Movie Clip yang akan dijadikan sebagai layer action script. Buka panel Action dengan menekan tombol F9 atau klik menu Window > Actions. Insertkan sebuah keyframe pada frame pertama layer action script, dan tulis action script stop(); pada panel Action - Frame. Insertkan sebuah keyframe pada frame paling belakang pada layer action script dan tulis action script gotoAndPlay(2); pada panel Action - Frame:

Frame pertama dan terakhir pada layer ac (action) telah diberi action script

Kita telah selesai membuat sebuah Movie Clip dnegan action scrip untuk mengatur jalannya animasi. Ketika anda menekan tombol CTRL+ENTER maka animasi tidak akan berjalan karena pada frame pertama Movie Clip tadi telah diberi perintah stop (berhenti).

3. Beri sebuah Instance Name pada Movie Clip yang telah dibuat. Klik Scene 1 , seleksi Movie Clip yang ada di kanvas / area kerja kemudian buka panel Properties (CTRL + F3) ketikkan sebuah nama instance name pada kotak Instance Name, misalnya bola. Perhatikan gambar berikut:

Beri nama instance name pada kotak Instance Name


4. Buat sebuah objek button yang akan dijadikan sebagai tombol play (Insert > New Symbol... > Pilih Button > Beri nama tombol play).

Buat sebuah tombol play

Setelah selesai, kita beri objek tombol tersebut sebuah action script yang mengatur Movie Clip yang telah dibuat sebelumnya. Klik objek tombol > buka panel Action (F9), kemudian ketikkan action script berikut pada pada panel Action - Button yang muncul.

on (release) {

bola.gotoAndPlay(2);

}


Selesai. Tekan tombol CTRL+ENTER untuk melihat hasilnya, dan coba anda klik tombol play. Jika langkah-langkah yang anda lakukan benar, maka animasi akan berjalan berulang-ulang.

Selamat mencoba!

Jumat, 02 Januari 2009

Membuat Animasi Blur dengan Macromedia Flash 8

Preview animasi blur
Untuk membuat animasi blur saya cukup memanfaatkan fitur Timeline Effect yang dimiliki Macromedia Flash 8. Dengan efek tersebut saya tidak usah repot-repot membuat animasi tiap frame. Sebenarnya jika kreatifitas anda sangat tinggi, anda bisa membuatnya tiap frame. Itupun jika anda memiliki banyak waktu.


Berikut langkah-langkah bagaimana saya membuat animasi efek blur dengan menggunakan Macromedia Flash 8.

Pertama, saya membuat sebuah objek kotak berdimensi 200 X 200, properti: fill color merah, stroke weight hitam berketebalan 5px dengan menggunakan Rectangle Tool Rectangle Tool seperti ini:

Objek kotak berdimensi 200 X 200 piksel

Tips:
Untuk membuat sebuah objek kotak dengan sisi-sisi yang sama panjang (persegi) ketika anda men-drag mouse, tekan tombol SHIFT. Atau anda bisa atur dimensinya dengan mengetikkan angka setelah selesai membuat objek. Caranya: Seleksi objek terlebih dahulu > Tekan tombol CTRL+I atau klik menu Window > Info > Pada kotak Weight dan Height isikan nilai yang sama sesuai keinginan anda.

Langkah kedua, seleksi objek kemudian klik Menu Insert > Timeline Effect > Effect > Blur. Kemudian akan muncul kotak dialog blur yang berisi blur setting dan jendela preview.

Effect > Blur" id="BLOGGER_PHOTO_ID_5286945521901070306" border="0">

Saya tinggal mengklik tombol OK karena settingan defauld sudah cocok bagi saya.

Tips:
Hal yang paling penting dalam blur setting adalah Effect Duration. Effect Duration merupakan durasi waktu efek blur yang kita terapkan pada objek. Nah, yang perlu kita ketahui adalah frame rate dokumen yang dipakai. Kita dapat mengetahui dan menentukan frame rate dengan cara klik kanan pada dokumen kemudian pilih Dokumen Properties...

Frame rarte 12 frame per detik

Jika frame rate yang saya gunakan adalah 12 fps maka angka yang harus saya isikan pada Effect Duration dalam kotak dialog Blur adalah 12 agar durasi efek blur berjalan dalam waktu 1 detik. Jika saya menginginkan 2 detik maka frame rate harus dikalikan dengan 2 (12 x 2 = 24 frame).

Sebuah animasi efek blur telah selesai saya buat. Untuk melihat hasilnya, saya tinggal menyimpannya dan saya akhiri dengan menekan tombol CTRL+ENTER.

Selamat mencoba!



Animasi Masking

Animasi masking adalah animasi yang pada intinya menampilkan objek yang semula kita sembunyikan. Animasi masking mempunyai 2 metode dasar yaitu :
1. Area masking yang bergerak, objek yang di mask diam.
2. Area masking yang diam dan objek yang di mask yang bergerak.
Kedua teknik tersebut akan menampilkan hasil animasi yang berbeda.. Selain itu area masking hanya boleh berupa fill. Jadi untuk outline (garis) tidak diperbolehkan.

Membuat animasi masking
Di bawah ini akan ditunjukkan proses pembuatan animasi masking :
1. Buka file baru atau Ctrl+N.
2. Disini kita akan berkerja dengan area background berwarna hitam, jadi pada properties.kita ubah dulu warna background menjadi warna hitam.
3. Kemudian buat dua buah layer.dengan nama layer ?text? yaitu layer yang di mask dan layer ?masked? yaitu layer masking.
4. Pada layer text frame ke-1 buat sebuah tulisan ?ANIMASI MASKING? dengan warna putih seperti pada gambar.
5. Kemudian klik kanan frame 50 pada layer text dan pilih Insert Frame.
6. Pada layer masked frame ke-1, buat sebuah lingkaran berbentuk elips berwarna hitam, letakkan di samping kiri dari stage.
7. Pada layer masked frame ke-50 klik kanan pilih Insert Keyframe. Lalu ubah posisi lingkaran elips ke samping kanan stage.
8. Pada layer masked frame ke-1 klik kanan pilih Create Motion Tween.
9. Pada layer masked, klik kanan pilih mask .
10. Kemudian tekan Enter untuk melihat hasilnya.


Untuk mendownload file swf nya silahkan klik DISINI


Animasi Frame to Frame

Animasi ini adalah jenis animasi yang paling banyak memakan kapasitas file dan memori, karena itu lebih baik penggunaan animasi ini hendaknya diminimalis. Animasi frame per frame menuntut banyak gambar yang harus dibuat. Efek animasi diciptakan dengan mengganti gambar yang satu dengan gambar yang lain selama beberapa waktu.. Semua gambar yang bergerak dihasilkan dari gambar yang berbeda-beda tiap framenya. Karena animasi frame per frame harus memiliki gambar yang unik tiap framenya maka animasi frame per frame sangat ideal untuk membuat animasi yang kompleks yang terdiri dari banyak perubahan seperti ekspresi wajah.
Membuat animasi frame per frame
Di bawah ini akan ditunjukkan proses pembuatan animasi frame per frame :
1. Buka file baru atau Ctrl+N.
2. Kemudian kita pilih Rectangle Tool (R) pada toolbox dan kita mulai
membuat objek balok pada stage dengan mengklik dan drag, jangan lupa warna fiil objek balok harus berbeda dari warna background stage.
3. Kemudian klik kanan di frame ke-1, pilih Insert Keyframe atau tekan F6, maka akan muncul frame ke-2.
4. Pada frame ke-2 kita pilih Free Transform Tool (Q), kemudian kita putar balok sedikit ke kanan dan letaknya dirubah sedikit kebawah dengan meneka tombol Shift + Panah bawah satu kali.
5. Kemudian masukan kembali KeyFrame hingga menjadi tiga frame, kemudian putar kembali balok sedikit ke kanan dan sedikit kebawah.
6. Ulangi langkah di atas sampai frame 8 hingga balok tampak jatuh.
7. Kemudian tekan Enter untuk melihat hasilnya.

Untuk mendownload file swf nya silahkan klik DISINI

DASAR ANIMASI PADA MACROMEDIA FLASH 8.0

Animasi adalah proses penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu. Animasi bisa berupa gerak sebuah objek dari tempat yang satu ke tempat yang lain, perubahaan warna, atau perubahan bentuk (yang dinamakan ?morphing?).

Berikut adalah jenis-jenis animasi yang ada pada flash :

1. Animasi frame to frame
2. Animasi Motion Tween
3. Animasi Motion Guide
4. Animasi Masking
5. Animasi Motion Tween Rotare
6. Animasi Motion Shape

Silahkan klik salah satu animasi untuk melihat tutorial lebih lanjut


Kamis, 01 Januari 2009

Membuat Animasi Roda Berputar

Macromedia Flash 8
Langkah-langkah membuat animasi roda berputar sangatlah mudah. Kita hanya memerlukan satu buah layer yang berisi objek roda yang telah dibuat sebelumnya.

1. Buat sebuah objek roda dalam area kerja Macromedia Flash 8. Anggap saja gambar dibawah merupakan sebuah roda.


Roda

2. Klik kanan pada frame 30 kemudian pilih Insert Keyframe atau klik frame 30 kemudian tekan tombol F6. Panjangnya frame berkaitan dengan durasi animasi, anda dapat menentukannya sendiri sesuai dengan keinginan anda. Entah itu frame 10, 15, 20, 21, 23 atau 100, yang penting hasilnya nanti sesuai dengan keinginan anda.


Insert Keyframe" id="BLOGGER_PHOTO_ID_5286490849168505362" border="0">

3. Klik kanan pada frame antara frame 1 dan frame 30 (keyframe paling kanan) kemudian klik Create Motion Tween. Pada gambar berikut, saya melakukannya tepat ditengah-tengah yaitu pada frame 15.

Create Motion Tween" id="BLOGGER_PHOTO_ID_5286490441936970546" border="0">

4. Tekan tombol CTRL+F3 untuk membuka panel Properties (Window > Properties > Properties). Kemudian arahkan mouse anda ke titik kecil berwarna hitam pada frame 1 dan klik titik tersebut. Sehingga panel Properties akan berubah seperti ini.

Panel Properties: perhatikan properti Rotate

5. Perhatikan pada bagian properti Rotate. Secara defauld properti rotate berisi Auto. Ubah menjadi CW untuk menganimasikan objek roda berputar searah jarum jam.

Atur properti rotate menjadi CW untuk membuat animasi berputar searah jarum jam

Anda dapat menaikkan kecepatan putaran dengan menaikkan slider Ease keatas.

Selesai. Animasi roda berputar elah dibuat. Tekan tombol CTRL + ENER untuk meliha hasilnya.
Selama mencoba!