Join The Community

Premium WordPress Themes

Search

Jumat, 03 April 2009

Area Bekerja Flash



Menu Bar
adalah kumpulan menu-menu yang ada pada Flash 8

Timeline
jendela panel yang digunakan untuk mengelompokkan dan mengatur isi atau gerak sebuah movie atau simbol, panel time line ini berisi:


  1. scene
    merupakan tempat berbagai kejadiandi dalam stage
  2. layer
    merupakan tempat dimana kita menampung objek dalam satu scene
  3. frame
    merupakan tempat kita mengatur animasi bagian perbagian yang di kelompokan dalam sebuah layer


Stage
adalah area putih dimana kita bekerja dengan objek di dalam flash


Nama file
merupakan tempat dimana nama dari file yang kita buat dicantumkan untuk lebih memudahkan apabila kita bekerja dengan file yang banyak


Tools
adalah alat-alat yang ada di dalam flash dan yang akan kita gunakan untuk bekerja dengan objek, untuk lebih detailnya lihat gambar.


Zoom
merupakan option dimana kita mengatur besar kecilnya stage atau area kerja kita


Panel action
adalah tempat kita menuliskan script/coding/actions


Properties
adalah panel dimana kita mengatur objek yang kita gunakan untuk bekerja, baik mengatur teks jika kita ekerja dengan teks, warna, ukuran dan lain-lain


Panel-panel
panel panel disini terdiri dari :


  1. panel libraby
    panel ini adalah tempat kita menampung semua jenis animasi, gambar, lagu, movie clip, dan lain sebagainya
  2. Panel Color Mixer
    Panel ini berguna untuk mengatur warna di dalam flash
  3. Panel align, info, transform
    panel ini berguna untuk mengatur bentuk, letak dan posisi dari objek di dalam flash




Cara meletakan action script pada Button

Pemrograman Flash sangat sensitif sekali akan kesalahan, apalagi menyangkut action script, jadi apabila terjadi kesalahan kecil saja maka program flash yang kita buat tidak akan bekerja. Karena itu pada kesempata ini akan diberikan dasar-dasar yang sebenarnya sangat sepele, tetapi apabila diabaikan, akan berakibat fatal, apalagi buat para orang yang baru belajar flash. Untuk meletkan action script pada button adalah :


  1. Pastikan button (tombol) baik yang kita buat sendiri ataupun yang mengambilnya dari panel library sudah terseleksi. Cara menyeleksinya yaitu dengan selection tool dan kita klik satu kali pada button yang ingin kita beri action.

  2. Untuk memastikannya kita bisa melihat pada property inspector setelah button kita seleksi maka akan muncul keterangan seperti pada gambar di bawah.

  3. Setelah button yang ingin kita beri scipt sudah terselaksi, langkah selanjutnya adalah membuka panel action. Disini ada beberapa cara yang bisa digunakan, pertama bisa degan lagsun tekan f9, yang kedua adalah adalah klik kanan lalu pilih action, kemudian cara yang ketiga adalah langsung membukanya pada panel action.
  4. Yang harus di ingat di sini untuk mecegah terjadinya kesalahan adalah pada panel action yang telah terbuka terdapat keterangan yang menyebutkan bahwa action adalah milik dari button yang telah diseleksi, karena setiap action berbeda-beda antara penempatan pada button, movie clip, ataupun pada frame.

  5. Setelah langkah-langkah tersebut barulah kita bisa menuliskan scipt yang kita ingin tulis.


Untuk mendownload file pdfnya silahkan klik DISINI



Cara Memberi nama Instance

Pemberian nama instance pada tombol atau movie clip sangat perlu tunuk interkasi dengan action yang kita buat. Jadi sebelum menulis script pada tombol atau movie clip, tombol atau movie clip harus di beri nama instance.


Caranya adalah sebagi berikut :


  1. Klik objek tombol atau movie clip yang akan di beri nama instance.
  2. Kemudian kita buka panel properties dan isikan nama instance yang akan kita berikan pada kotak Instance Name.


  3. Setelah itu baru kita tekan Enter, dan selesai.


Untuk mendownload file pdfnya silahkan klik DISINI


Membuat tombol Navigasi sederhana


Pada tutorial kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana membuat tombol navigasi, ngerti kan apa itu tombol navigasi? Tombol navigasi itu berfungsi agar pengguna dapat berinteraksi dengan movie flash yang kita buat. Misalkan mereka ingin pergi kebagian tertentu, kita sebagai pembuat telah menyediakan navigasi yang berupa tombol
untuk mereka klik.

Langsung saja yah?.

  1. Buka program flash tentunya, setelah itu buat file baru dengan properties tertentu, saya pakai ukuran 800x600.
  2. Pada frame 1 buat teks dengan Teks Tool dan propertisnya teks statis bertuliskan ?Home?.

  3. Klik frame 1, kemudian ganti ?Frame label? dengan ?home? setelah itu tekan Enter.

  4. Klik kanan frame 10 pilih Insert Blank Keyframe, kemudian buat teks statis ?Materi?. Klik lagi frame 10 dan ganti ?Frame label? dengan ?materi? dan tekan Enter.

  5. Buat lagi seperti langkah no. 4 diatas pada frame 20 dengan teks statis bertuliskan ?Latihan? dan ?Frame label? diganti dengan ?latihan?, kemudian pada frame 30 dengan teks statis bertuliskan ?Contoh? dan ?Frame label? diganti dengan ?contoh?.
  6. Buat layer baru dan beri nama layer dengan nama ?tutup? dengan cara klik dua kali pada tulisan ?Layer 2?. Kemudian klik frame satu layer ?tutup? dan buat teks statis ?Tutup?.

  7. Kemudian klik kanan pada tulisan ?Tutup? pilih Convert to Symbol pilih type button dan beri nama ?tutup_btn? dan klik ok.

  8. Buat layer baru lagi dan beri nama ?tombol?.
  9. Klik pada frame satu layer ?tombol ? kemudian import tobol dari panel Component. Caranya adalah dengan klik Windows kemudian pilih components. Dari panel Componens pilih User interface kemudian pilih button. Kemudian drag(klik tanpa dilepaskan) dan geser kedalam stage.

  10. kemudian tutup panel Components dan rubah Instance name dari keempat button tersebut masing masing ?home_btn?, ?materi_btn?, ?latihan_btn?, ?contoh_btn? dan lebelnya masing masing ?home?, ?materi?, ?latihan?, ?contoh? dengan cara klik satu persatu dan merubahnya pada panel parameters.

  11. Buat layer baru lagi dan rubah namanya ?skrip?, klik pada frame pertama dan buka jendela Actions kemudian masukan Action Script di bawah ini :

    stop()
    home_btn.onPress = function(){
    gotoAndStop("home");
    }
    materi_btn.onPress = function(){
    gotoAndStop("materi");
    }
    latihan_btn.onPress = function(){
    gotoAndStop("latihan");
    }
    contoh_btn.onPress = function(){
    gotoAndStop("contoh");
    }


  12. Kemudian klik kanan tombol tutup dan pilih Actions dan masukan Action Script di bawah ini :

    on(release){
    fscommand("quit","true");
    }


  13. Langkah terakhir adalah menyimpan dokumen, beri nama Tombol navigasi.
  14. Kemudian Klik Ctrl+Enter. Dan lihat hasilnya pada tempat dimana kita menyimpannya, selesai.

Untuk mendownload file pdfnya silahkan klik DISINI

Untuk mendownload file swfnya silahkan klik DISINI


Kamis, 02 April 2009

Aplikasi Kartu Ucapan ulang tahun menggunakan Flash



Ini merupakan contoh aplikasi flash dalam kartu ucapan ulang tahun.Sederhana namun mempunyai makna yang berarti.
Silahkan download untuk di pelajari DISINI
Untuk membuka file animasi kartu ucapan ulang tahun, setelah didownload silahkan extrak file yang telah didownload menggunakan program winzip. Selamat belajar dan menikmati

Rabu, 01 April 2009

Dasar Pembuatan Button (tombol) pada Flash

Button pada flash sangat penting sekali fungsinya, merupakan media interaksi antara pengguna dengan aplikasi yang akan kita buat. Disini akan saya paparkan 3 cara pembuatan button.


Cara I



  1. Pertama kita buat sebuah kotak dengan menggunakan rectangle tool ,

    atau kalau anda senang dengan button yang berbentuk lingkaran anda jiga bisa membuatnya dengan menggunakan oval tool. Tergantung gimana anda, tapi dalam tutorial ini saya membuatnya dengan menggunakan objek kotak.

  2. Kemudian kita seleksi seluruh objek dari kotak tersebut. Ingat dalam menyeleksi harus terseleksi semua, karena dalam flash objek dibedakan antara fill dengan stoke.

  3. Jika sudah terseleksi semua kemudian kita klik kanan pada objek tersebut dan pilih convert to symbol, pilih button pada option behavior dan tombol pada name, setelah itu klik ok.



  4. Selesai, kita sudah membuat sebuah tombol dengan cara yang pertama, untuk melihat hasilnya, langung aja tekan Ctrl+Enter.






Cara II



  1. Pertama kita pilih Insert > New Symbol pada pilihan menu bar dan pilih button pada type dan nama terserah.



  2. Setelah itu kita melakukan buat objek lingkaran pada frame up, kemudian kita pilih insert keyframe pada frame over dan down.



  3. Kemudian kita kembali ke dalam stage.
  4. Jadilah sebuah button, tapi tunggu dulu. Di dalam stage button yang kita buat tidak muncul. Itu karena tomboya masih berada di dalam library, tahu kan panel libraby itu dimana?
  5. Bagaimana cara kita memindahkannya ke dalam stage? Gampang, kita drag (klik dan geser tanpa dilepaskan kliknya) aja tombolnya kedalam stage.








Cara III



  1. Di dalam cara yang ketiga ini, kita tidak membuat tombol secara manual, tetapi kita mengambilnya dari Common Library.

  2. Bagaaimana caranya? Pilih Windows pada menu bar kemudian pilih Other panel dan pilih common Libraries.
  3. Ada tiga pilihan yaitu Buttons, Classes dan Leraning Interaction, kita pilih saja Buttons.



  4. Setelah itu kita drag button yang kita pilih kedalam stage..
  5. Selesai, langsung test movie.