Join The Community

Premium WordPress Themes

Search

Selasa, 27 Juli 2010

Character Animation with Biped

Ok kalau yang satu ini adalah buku tentang cara membuat character kita bergerak, berjalan, berlari, lompat dan sebagainya dengan realistik, saya perhatikan banyak sekali pertanyaan mengenai hal ini di Facebook Komunitas ataupun di ChatBox, silahkan pelajari walaupun saya akui pasti lebih mudah mempelajarinya dengan menggunakan Video Tutorial.

Please do not download with out permission !

Note : tunggu hingga buku loading sempurna karena buku ini memiliki 230 Halaman.


3Ds Max 2009 Character Animation

Lighting with 3DS Max

Hai,... Buku yang komunitas sediakan kali ini adalah mengenai pencahayaan dengan 3ds Max sangat penting dan pastinya penasaran ingin kalian baca bukan, buku ini ditulis oleh Nicholas Boughen | Wordware Publishing, Inc.

buku ini adalah buku digital, please do not download it without permission !

Note : harap sabar menunggu hingga buku terloading dengan sempurna karena buku ini memiliki 449 Halaman.


3ds max lighting3

Sabtu, 24 Juli 2010

Speed Rigging with BonesPro3

Hai,...kali ini saya membuat sebuah review untuk sebuah tools/plugin baru yang fungsinya untuk rigging character, kalian pasti sudah banyak yang mengenal Biped dan Bone dan saya juga yakin kalian juga mengenal tehnik Skin dan Physique, namun pertanyaan saya adalah :

"Capek gak nge rigging dengan menggunakan skin atau physique"

Capeknya kalau menurut saya ketika seting/mengatur envelope pada skin/physique diperbesar lalu diperkecil agar envelope kita membungkus dengan benar, tapi selalu saja ada yang tidak maksimal di character object kita, terutama di bagian persendian, memang ada skin morph tapi tetep aja kadang masalah terjadi dan bikin frustrasi, yup pengalaman pribadi nih !

Nah sekarang ada yang namanya Bonespro produk dari Digimation yang memudahkan kita untuk melakukan proses rigging pada character kita, gak ada lagi berurusan dengan envelope yang bikin kita mau ngebanting komputer ( Hahaha ) dan gak ada lagi hasil rigging yang menunjukkan bagian persendian yang terlihat aneh bin ajaib.

Sample Video BonesPro 3 :




Sample Video How to use BonesPro3 ( Preview )




Keunggulan Bones Pro :

- Sangat mudah digunakan.
- Real Time
- Bagian persendian gak bakalan patah/aneh
- Gak berurusan lagi dengan envelope yang menyebalkan
- Hasilnya ajaib.
- Ada efek Jiggle seperti (maaf) payudara wanita yang berguncang ketika lari.
- Dll.



Diluar sana Bonespro 3 dijual dengan harga $495, yah kalau di rupiahkan sekitar Rp.4.500.000.- wow memang harga yang pantas untuk sebuah plugin yang teramat membantu pekerjaan kita, oya Komunitas Animator 3ds Max Indonesia juga menjual Plugin ini.

Bonespro 3:

( Full version ) Plugin for 1 Comp.
( 5 Video ) Tutorial Plugin

System Requirements

* 3ds Max Versi 4-5-6-7-8-9 & 2008
* 32-bit only
* 400MHz CPU (1GHz recommended)
* 512MB RAM (1GB recommended)
* Graphics card supporting 1024 x 768
* 2MB hard drive space






Minggu, 18 Juli 2010

Free Plugin : Simcloth 3 V 1.51 ( Baru )

Simcloth adalah Plugin max open source untuk membuat simulasi berbagai jenis tipe kain fitur-fitur nya cukup lengkap seperti self collision dan lain-lain, kali ini SimCloth tersedia untk Max versi terbaru dan juga lama, untuk detail data cara install & download silahkan klik disini



















Video Tutorial nya :





Rabu, 14 Juli 2010

Render Vray Real time..!

Guys kepengen tau gak cara ngerender Vray dengan Real time atau Post Processing secara Real time, dan tehnologi apa yang dibelakang dari semua itu,...? kalau kamu minat silahkan datang ke acara ini HP Workstation Seminar Series July 2010, disini kamu akan menyaksikan teknologi 64 bit dan kekuatan dari HP workstation yang dikombinasikan dengan Nvidia GPU Processing, yang bakalan menghadirkan REAL TIME performance yang belum pernah kamu bayangkan sebelumnya. Kebayang gak sih Vray secara real time, pasti bakalan ngebantu banget kerjaan kamu, bagi yang newbie maupun expert saran saya, dateng deh toh Free Of Charge ( Gratis )

Tapi kalian harus registrasi dulu sebelum tanggal 23 Juli ini :

Cara Registrasi nya :

Hubungi Nomer ini : Mbak Fani 021-33035493, 021-47867933/62
email : m3kom@cbn.net.id


Lokasi acara : Kings Palace Restaurant, Pacific Place Mall Lt.3
Tanggal Acara : Kamis, 29 Juli 2010

Bilang aja kalian "dari Komunitas 3ds max mau ikutan seminar Hp Workstation " ke mbak fani, nanti gratis kalian ikutan acara ini.

Mau tau acaranya, nih gw bocorin acaranya :
1. Presentasi HP dengan tehnologi baru.

2. Seminar / ngobrol bareng sama Mas Bimo Adi Prakoso.

3. Solution Highlight# Real Time Rendering Vray dan Post Processing dan lain-lain,

ya udah gw males panjang lebar, dateng aja nambah ilmu buat newbie dan sharing buat expert,...Sukses guys,...!!!! BAAAKKAAARRRR....!!!!


Salam sukses selalu,

Harry Riyadi






Selasa, 13 Juli 2010

ZBRUSH Video Tutorial

ZBRUSH adalah software yang sangat berguna bagi kalian yang menyukai membuat character 3d sendiri, kamu bekerja layaknya seorang pematung didalam software ini.

Untuk bisa menghasilkan character 3D yang spektakuler dan terlihat realistik, banyak para master 3d menyarankan menggunakan software ini dikarenakan hasilnya yang benar-benar mengagumkan.








Dibawah ini saya sertakan Video demo cara kerja ZBRUSH untuk membuat character 3d dari masih belum terbentuk hingga sudah berbentuk monster yang keren.




Image Gallery dari ZBRUSH :
























Minggu, 11 Juli 2010

Tutorial 3D Texture Material Kulit

CGIndia dan Komunitas 3ds max menyajikan tutorial yang baru dan berguna untuk pengguna 3ds Max. Dalam tutorial singkat ini, Mario Malagrino Florence Design Academy menjelaskan cara membuat bahan kulit di 3ds Max. Kulit adalah salah satu bahan yang paling banyak digunakan dalam bidang desain Furniture. apalagi untuk desain sofa atau sofa. Sangat mudah untuk mendapatkan bahan kulit yang baik. Kualitas bahan kulit sangat tergantung pada pencahayaan di scene.Sebelum memulai, untuk membuat kulit dalam editor materi Anda harus terlebih dahulu menganalisis persis jenis kulit yang Anda ingin untuk mensimulasikannya di 3D Studio Max. Setelah ini coba untuk memilih gambar yang memiliki pola / tekstur kulit asli. Di sini, di gambar di bawah ini, Anda dapat melihat contoh gambar / Map yang memungkinkan kami untuk menciptakan sebuah tekstur kulit yang sempurna dalam editor material. Yang pertama adalah gambar sederhana dari kertas scan, yang kedua dibuat dengan Photoshop.






Mari kita lihat langkah-langkah untuk membuat kulit.

Pertama cobalah untuk menambahkan specular highlights benar. Anda harus menganalisa kulit asli dan mensimulasikan kilau yang sama dan tingkat specular di material editor. Tidak ada nilai standar. Pengaturan ini tergantung pada jenis kulit dan juga pada iluminasi. Jika cahaya sangat terang, Anda akan memiliki specular highlight yang sangat kuat/terang dalam rendering. Untuk menghindari ini, Anda harus menetapkan jumlah yang rendah di specular level slot. Pilih dalam diffuse slot warna bahan kulit Anda. Sekarang lihat di MAPS dan klik pada tombol BUMP NONE.
BUMP Map sekarang memungkinkan Anda untuk membuat tekstur kulit. Pada saat ini Anda memiliki berbagai jenis map yang dapat Anda pilih. Dalam tutorial ini kita akan menggunakan bitmap atau NOISE Map. Keduanya bisa digunakan.


a.) Jika Anda memilih NOISE Anda harus memperhatikan hanya pada satu parameter: ukuran dari Noise Map. Biasanya itu sangat sangat kecil, sering lebih rendah dari nilai 1. Tapi nilai ini tergantung lagi dengan jenis kulit yang Anda inginkan untuk di simulasikan.
Dalam jumlah di slot BUMP Map Anda dapat mengatur kekuatan tekstur. Biasanya tidak pernah lebih dari 50/-50. Dalam Rendering 3 Anda dapat melihat hasil Noise Map.




Click untuk perbesar gambar



























b.) Jika Anda memilih untuk menggunakan bitmap (foto) ke bump slot Anda harus menjaga tiling value nya. Ini memiliki lebih atau kurang efek yang sama seperti parameter Size di Noise (kamu juga bisa menerapkan UVW map dari modifier list dan mengubah ukuran Gizmo; itu akan memiliki efek yang sama seperti tiling / pengulangan gambar image).
Untuk memiliki kontrol lebih pada specular highlight rendering dapat Anda gunakan setelah Anda menyelesaikan Scene cahaya "MR Area Omni". Setelah Anda meletakkan cahaya di lokasi yang benar-klik kanan pada Area MR Omni dan nonaktifkan "AFFECT DIFFUSE". langkah ini akan membuat MR.Area Omni hanya menyinari specular highlights pada bahan. Kami akan menggunakan MR.Area Omni HANYA untuk membuat kilauan / pantulan cahaya yang biasanya terlihat pada material kulit. Dengan cara ini kami memiliki lebih banyak kontrol posisi, warna dan kecerahan dari specular highlights. Nonaktifkan bayangan di Omni MR.Area. Teknik ini dapat sangat membantu jika Anda memerlukan kilauan/pantulan dari pada yang sumber cahaya sudah buat pada bahan kulit. Untuk menghindari bahwa cahaya ini mempengaruhi semua obyek dalam ascene, Anda harus menggunakan opsi pengecualian dalam memodifikasi panel termasuk semua benda-benda lain yang seharusnya tidak menerima tambahan sinar (Anda harus memilih sumber cahaya untuk melakukan hal ini)


























Photoshop
mari kita melihat cara menciptakan tekstur kulit gambar 1.
Buka Photoshop dan buat file baru. Go to the main tool bar > FILTER dan pilih Tekstur > kemudian Stained Glass (gambar 7).























Cara ini akan membuat tekstur seperti kulit ular. Anda akan memiliki 3 parameter di filter yang dapat Anda ubah. Pada dasarnya ini sudah "Map" yang dapat digunakan dalam 3D Studio Max sebagai BUMP Map. cara ini akan memberi Anda hasil yang cukup bagus.

























Untuk membuatnya sedikit lebih menarik Anda dapat kembali ke Photoshop dan menduplikasi layer kulit. Mengubah layer yang sudah di copy dari Normal to MULTIPLY. cara ini akan memungkinkan Anda untuk menambahkan warna yang berbeda pada layer asli tanpa kehilangan bentuk hitam kulit yang telah dibuat pada filter sebelumnya . Pilih Brush yang kamu suka pada photoshop dan coba untuk membuat warna coklat dari kulit yang alami.
Jangan membuatnya terlalu bersih, jika terlalu bersih maka akan terlihat sangat unnatural, setelah langkah ini, arahkan mouse ke Multiplied layer Anda dan kurangi Opacity nya. Jangan biarkan bentuk hitam dari lapisan atas juga terlihat. Simpan gambar tersebut sebagai bitmap. Sekarang Anda memiliki 2 gambar. Yang pertama yang hanya hitam dan putih dan yang kedua dengan warna coklat.


























Taruh yang cokelat ke dalam slot DIFFUSE COLOR slot in MAPS, dan yang hitam putih ke dalam slot BUMP (gambar di bawah ini). Jika efek kulit terlalu tajam Anda dapat blur kedua gambar di Photoshop > main tool bar FILTER > Blur > GAUSSIAN Blur. Hal yang sama dapat dilakukan di bitmap dari slot Blur.


























Sabtu, 10 Juli 2010

15 tips n trick untuk 3ds Max

Tips 1.
Apakah Anda tahu bahwa "architectural materials" dan "self illuminated" materials memiliki sifat light emitting (untuk Mental Ray & Vray)? Jika anda menerapkannya pada sebuah object box Anda akan mendapatkan efek yang sama seperti "photometric area light" atau "Vray light".







Tips 2.
Coba gunakan selalu soft shadows pada rendering kamu. Hard shadow selalu terlihat palsu.
-Di "Mr Omni/Spot" scale size of the light pada area light paremeters ( mental rays)

-Dalam Mental Ray Anda harus menggunakan "RAYTRACED SHADOW"!
-Dalam Vray Enable "area shadow" pada Omni / Spot dan sesuaikan ukuran lightnya
-Soft Shadow akan memakan waktu render yang makan waktu.

Tip 3.
Untuk memiliki bayangan yang sempurna kamu perlu membuat semua benda dengan dimensi yang sebenarnya.

Tip 4.
Bagaimana untuk mempercepat waktu render untuk uji-rendering:

a) seting utama untuk mengurangi waktu render adalah image size. Biasanya saya gunakan ukuran 150x112 piksel. ukuran ini terlalu kecil untuk melihat detail objek namun sangat cocok untuk memahami kondisi cahaya.

b) Turunkan kualitas Shadow!

c) Mengurangi jumlah objek poligon (coba gunakan optimize modifier jika Anda tidak memiliki modifier meshsmooth pada objek)!

d) Mengurangi jumlah photon atau sample seting pada render engine, Vray / MentalRay / Brazil RS / FinalRender / dll

e) Hati-hati dengan jumlah lampu (lampu terlalu banyak akan membuat rendering sangat lambat)!

Tip 5.
Jangan gunakan EDITABLE MESH tapi selalu gunakan EDITABLE POLY, EDITABLE POLY sangat cocok untuk advanced modeling, lebih stabil, jarang error dari pada EDITABLE MESH dan memiliki pengaturan lebih banyak daripada EDITABLE MESH. Jika Anda bekerja pada sebuah objek dengan EDITABLE MESH, kamu bisa langsung convert ke EDITABLE POLY dengan cara klik kanan lalu convert to EDITABLE POLY

Tip 6.
Daripada kamu meshsmooth object box lebih baik kamu gunakan "chamfer box" hasilnya sama, tetapi chamfer box memiliki Polygon lebih sedikit.

Tip 7.
Kadang-kadang semua Vertexes Anda menghilang saat modelling object, untuk memperbaiki bug ini coba ini pilihan:
a) Mengkonversi objek Anda kembali ke Editable Poly.
b) Mengkonversi objek ke Editable mesh dan kemudian ke Editable Poly.
c) Simpan file, Keluar dari 3D studio dan membuka kembali file tersebut.
d) Simpan file, Keluar dari 3D studio dan merge objek di file baru.

Tip 8.
Lampu / Penchayaan terbaik untuk menciptakan Highlight adalah Omni (atau MR Omni).

Tip 9.
Jangan gunakan Area Shadow di Mental Ray, mereka sangat lambat dan tidak optimal untuk Mental Ray, hasil / terbaik tercepat bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Raytrace Shadow.

Jika Anda bekerja dengan "Light Tracer" daripada anda menggunakan "area shadow" hasilnya sama seperti dalam MentalRay dengan Raytrace Shadow.

Tip 10.
(Untuk pemula) Ketika anda bekerja kadang-kadang anda tidak bisa lagi memindahkan objek anda. Mungkin Anda telah menekan tombol X. Tekan sekali X lagi untuk mengaktifkan move tool (Gizmo), atau kamu hanya bisa memilih satu objek, semua benda-benda lain tidak dapat dipilih lagi, mungkin Anda telah menekan SPACE dan tak sengaja mengunci objek. Tekan lagi SPACE untuk membuka kunci.

Tip 11.
Bila Anda membuat loft objek bisa saja terjadi disetiap bagian ujung objek memiliki ERROR, untuk memperbaiki masalah ini Anda harus memilih "CORNER" pada vertex pertama dan terakhir dari spline Anda.

Tip 12.
SELALU Download layanan paket-terakhir untuk 3D Studio Max versi Anda. Hal ini akan memperbaiki bug atau error penting.

Tip 13.
Hanya ada 2 kesalahan yang bisa terjadi ketika kamu mau melakukan Extrude (Spline + Extrude modifier) yaitu :

a) Anda memiliki segmen yang tumpang tindih dalam spline Anda.
b) Object tidak menutup di mana Anda tidak melakukan weld pada vertex

Tip 14.
Jika Anda menggunakan splines untuk membuat bentuk, coba untuk menggunakan jumlah kecil vertex, jika Anda mengconvert vertex ke smooth / Bezier / Bezier corner anda dapat membuat bentuk sangat bagus dan bentuk yang bulat tanpa jumlah vertex yang terlalu banyak (Tip yang sama untuk loft pada Deformations scale panel).

Tip 15.
Jika Interface Anda / panel menghilang Anda memiliki pilihan untuk memperbaiki masalah ini dengan:
a.) Mungkin Anda berada di Expert Mode... tekan CTR + x. ..
b.) Customize> Customize User Interface> Tab Toolbar> Reset!
c.) tombol "Start" pada Windows> Autodesk> 3D Studio Max> Ubah mode grafis!
d.) Harus ada file 3dsmax.ini dalam folder ur 3ds max kamu ... DELETE dan start 3D Studio Max lagi ...
e.) Customize > load custom UI scheme.

sumber : CG India

Free Video Tutorial : Creating Realistic Head

Okay aku dapet koleksi Video Tutorial untuk membuat kepala manusia yang realistic, memang berat videonya kalo kamu play langsung oleh karena itu aku saranin kamu download aja video ini, caranya ya pakai flash downloader kaya orbitz downloader ( Download software di bagian paling bawah )


Result






Step By Step














Untuk mendownload video gunakan Orbit Downloader
Source hammerbchen






Rabu, 07 Juli 2010

News Update : Real flow 5

Next Limit dengan bangga memperkenalkan Real Flow 5, yaitu software package untuk fluid dynamics yang memungkinkan kamu untuk membuat dari setetes air hingga gelombang tsunami yang menyapu pantai dan meruntuhkan gedung2 di depannya.

Versi baru ini meyajikan loncatan besar untuk software simulasi ini dan sudah include buanyaaakk sekali fitur2 baru serta pengembangan baru seperti :


Hybrido : Fitur untuk membuat simulasi percikan, busa atau kabut.

Caronte : cutting-edge body dynamics solver, yang menawarkan kemampuan untuk mempermudah pekerjaan anda untuk skala besar dan complex.

A highly- accelerated particle-based solver : Yang artinya kemampuan untuk mempercepat simulasi fluids yang biasanya lambat kini 20 X jauh lebih cepat.

Setiap lisensi standar RealFlow 5 sekarang dilengkapi dengan Free copy dari Renderkit RealFlow v2 untuk mental ray atau Renderman (Windows / Linux only)

Detail Information Please Click : Real Flow

Free Texture : Bercon Maps texture Collection

+Bercon Maps 3.0 adalah open source tekstur prosedural untuk 3ds max yang bisa didownload dengan gratis, Bercon maps sudah support untuk : Scanline, Vray, Brazil,Final Render namun sayang belum support untuk Mental Ray, Bercon Maps berada dibawah lisensi Apache 2.0





Untuk Install Bercon Maps : Copy file dengan benar ke 3ds max plugin Folder kamu, Setelah itu kamu bisa temukan Maps pada Material Editor kamu.

Download here

Senin, 05 Juli 2010

Free 3D Plugin : EON raptor

Guys pingin dong kamu bisa melihat hasil dari entah itu design rumah atau design mobil buatanmu dilihat secara interactive atau begini deh bahasa gampangnya, kamu presentasi didepan klien lalu klien kamu memiliki kebebasan penuh untuk melihat hasil design kamu secara bebas sekehendak hatinya disaat kamu presentasi, mau diputar, di zoom, di tebalikin, terserah si klien dan design kamu itu sudah menampilkan tampilan yang lengkap dengan pencahayaan dan texture yang tentunya seperti yang kamu inginkan,.... nah aku punya plugin untuk 3ds max dan resmi bukan bajakan, dari EON Raptor, plugin ini memungkin kamu untuk melakukan hal2 yang saya sebutkan diatas.

Kalau kamu masih bingung coba kamu klik Video Presentasi nya disini


Nah kalau kamu suka dengan Plugin ini silahkan download secara GRATIS disini :

Untuk 3ds max 5 - 8
Untuk 3ds max 9 / 2008
Download stand alone EON Viewer : kamu butuhkan untuk membaca file .eoz & .edz yang sebelumnya kamu export dengan menggunakan EON Raptor

Minggu, 04 Juli 2010

Free 3D plugin : Crowd

Punya 3ds Max 8, beruntunglah karena kamu bisa mendapatkan Plugin Crowd yang berfungsi untuk membuat pergerakan dan memanage pergerakan 3d animasi dari ratusan character 3d yang kamu buat secara simple dan mudah.

Download here




Facial Motion capture : Zign Track 2

Pernah dengan Software Facial Motion Capture Zign Track, Software Facial Motion Capture ini sangat terjangkau harganya, kamu bisa menangkap pergerakan wajah dan menerapkannya pada character 3D kamu hanya dengan kamera DV biasa bahkan dengan webcam pun bisa dan asiknya lagi secara Real Time.

Harga : Rp. 1.890.000.-

Kamu dapat melihat input dari kamera Anda dan melihat gerak rig tersebut ditangkap pada wajah dalam preview 3D secara real-time, The build in tweak tools membuat kamu bisa memperbaiki motion yang berlebihan sebelum, disaat dan setelah Recording.

Detail Click Here


CGArena Magazine (June-July 2010)

CGArena Magazine (June-July 2010)
62 Pages | PDF | 32.8 MB

Download here
Download here 2



Jumat, 02 Juli 2010

Mocap : Measurand ShapeWrap III

Kali ini Admin ingin berbagi Info mengenai Mocap ( Motion Capture ) mungkin banyak dari kalian yang sudah mengetahui mengenai Motion Capture yaitu sebuah proses pengambilan gerakan tubuh manusia / objek yang ditangkap oleh seperangkat alat ( Motion Capture ) lalu hasil setiap gerakan dari manusia atau objek tersebut diolah menjadi data yang kemudian diterjemahkan oleh Komputer menjadi sebuah gerakan yang bisa diaplikasikan ke system bone atau biped di Max atau di software-software 3D lainnya.

Namun banyak perangkat Motion capture yang beredar hanya menangkap gerakan pada bagian tubuh utama manusia seperti :

- Tangan
- Kaki
- Kepala
- Punggung

Tetapi tidak dengan Measurand ShapeWrap III yaitu perangkat Motion Capture yang mampu menangkap gerakan hingga ke bagian yang detail seperti pergerakan jari manusia.

Selain memeiliki daya tahan yang cukup kuat Measurand ShapeWrap III jga sangat mudah dibawa kemana-mana dan dihubungkan secara wireless ke PC manapun serta bentuknya yang compact membuat kita bisa menangkap gerakan dimanapun yang kita inginkan, dibawah ini adalah beberapa kelebihan dari perangkat Mocap ini :

Key Features and Benefits

* Motion Capture Anywhere
* Durable
* Compact and Portable
* Size-Adjustable
* 5 multi-point 6DOF Input Devices :
ShapeWrap III sistem terdiri dari 4 perangkat penangkap gerakan independen, yang memungkinkan kelompok siswa atau animator untuk menangkap gerakan secara bersamaan, sehingga memudahkan pengerjaan 3D Animasi.

* Hands and Feet Capture
* Wearable Under Clothing

System Compatibility

* AutoDesk MotionBuilder
* AutoDesk MotionBuilder Pro
* AutoDesk MoCap
* ShapeRecorder (real time)
* 3D Studio Max and Character Studio
* Maya
* XSI
* Lightwave

More Detail Click Here


Kamis, 01 Juli 2010

Free 3D Plugin : Gugila Groundwiz

Mungkin kalian sering mendengar VUE, yang fungsinya untuk membuat alam yang realistik, namun ada lagi yang namanya Gugila Groundwiz, tidak kalah dengan VUE, Gugila juga mampu membuat environment dengan realistik, lihat saja screen shot dibawah ini :

dan yang asyiknya komunitas 3ds max menyediakan link download gratis nya secara resmi ( jadi bukan bajakan,.hehehe ) namun bukan untuk commercial ya.

OK download link nya disini
dan untuk tutorialnya disini


selamat berkarya,..!