Join The Community

Premium WordPress Themes

Search

Sabtu, 29 September 2012

Menu Efek Vignette di CorelDRAW

Ada Pertanyaan dari Rekan Zaenal Arifin di Komunitas Pengguna CorelDRAW... hehe namanya hampir sama dengan ane... gak papa emang nama pasaran, yang penting tetep seger waras...

Tanya;
cara membuat efek ngeblur di setiap sisi yg sama gmana y???
Jawab;
di CorelDRAW fitur yang digunakan untuk membuat efek ngeblur pada sisinya namanya Vegnette, sebagai contoh, misal foto dibawah ini akan kita edit dengan diberi efek blur pada sisinya;



Sebelumnya klik dulu gambar fotonya agar terpilih sehingga aktif dan bisa untuk diedit, pada Menu Bar > pilih Bitmaps > Creative > pilih Vignette...


Sehingga tampil kotak dialog seperti dibawah ini, coba pada Color pilih Black, pada Shape pilih Rectangle, untuk pilihan Adjust biarkan apa adanya trus klik OK ;


Maka hasilnya seperti gambar dibawah ini;


Kalau pada pilihan Shape yang dipilih Ellipse maka hasilnya seperti dibawah ini;


Kalau Masbro kepinginnya tanpa background Conver to bitmap dulu gambarnya dan beri tanda centang pada pilihan Transparent background;


 Maka apabila di efek Vignette pada pilihan color tidak aktif semua seperti dibawah ini tampilannya;


Dan hasilnya akan seperti gambar dibawah ini dengan fade (efek blur) transparan pada pinggirnya apabila menimpa objek lain dengan background yang ada gambarnya misalnya seperti dibawah ini;


Selanjutnya sampeyan bisa coba sendiri ada beberapa pilihan....

Insert Symbol Character di CorelDRAW

Insert Symbol Character berfungsi untuk menyisipkan karakter symbol pada saat kita mengetik tulisan. dengan menu Insert Symbol Character kita juga bisa membuat symbol dalam bentuk vector yang selanjutnya bisa sampeyan edit sesuai dengan kreatifitas kita, misalnya seperti gambar disamping ini.

Bekerja dengan menu atau fitur Insert Symbol Character kita harus mengaktifkan dulu, yang letaknya di Menu Bar > Text > Insert Symbol Character, atau kita hanya tekan Ctrl+F11 sudah muncul menunya;


Nah... seperti dibawah ini tampilannya setelah diaktifkan, untuk membuat gambar symbol dalam bentuk vector tinggal klik tahan dan geser ke area kerja CorelDRAW  dan kita sudah mendapatkan gambar symbol dalam bentuk vector, jangan lupa sebelumnya cari dulu pada dropdown pilihan Font pada komputer sampeyan, disini pilihannya adalah Webdings;


Fungsi fitur ini sebenarnya adalah untuk menyisipkan symbol diantara text yang sudah kita ketik, sebagai contoh, misalnya kita akan menyisipkan symbol telepon diantara text tulisan, pilih Font: - Wingdings > klik pada  symbol telepon > klik Insert;


Maka akan muncul symbol telepon disebelah kiri cursor kita;


Dan sampeyan bisa melanjutkan mengetik, misalkan menuliskan angka pada nomor telepon;


Sampeyan juga bisa membuat karakter symbol yang lain, misalnya gunting, dan sebagainya;


Kalau kita gabungkan akan seperti dibawah ini;


Demikian sampeyan dengan leluasa memberi karakter symbol menggunakan  menu Insert Symbol Character... selamat mencoba,

Senin, 24 September 2012

Juara 1 LKS Animasi se- Kab. Sragen



Jumat, 21 September 2012

LKS SMK Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012: Hasil Lengkap LKS XXI Jateng Teknologi Industri

LKS SMK Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012: Hasil Lengkap LKS XXI Jateng Teknologi Industri: Setelah  hiruk pikuk dengan segala  hal  baik yang positif maupun kekurangan kekurangan yang  pasti terjadi, berikut  data lengkap  per mata...

T-Shirt 3DS Max : Ready Stock

Klik untuk perbesar gambar

Klik untuk perbesar gambar
Hai kalian yang cinta banget dengan profesi kalian sebagai 3D Animator atau 3D Artist, saat ini kita nyedian T-shirt yang sesuai dengan pribadi dan profesi kalian, silahkan di cek.


Soory saat ini baru 2 type T-shirt untuk :
- 3D Animator
- 3D Modeller

untuk 3D Texture, Rigger dan Render menyusul yaaa :)
Klik untuk perbesar gambar

Klik untuk perbesar gambar

LKS SMK Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012: Juara LKS Kelompok Teknologi Informasi

LKS SMK Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012: Juara LKS Kelompok Teknologi Informasi: Electronics Application/ Industrial Electronics Muhamad Kharis SMK Negeri 1 Magelang ...

LKS SMK Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012: Hasil Lomba

LKS SMK Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012: Hasil Lomba: Berdasarkan rekapitulasi  perolehan  medali  LKS SMK XXI Provinsi Jateng, berikut  disampaikan rekapitulasi : Daftar Perole...

Rabu, 19 September 2012

Sigertools Vray Studio Set up Pro

Dengan menggunakan Sigertools, kamu sudah bisa meng otomatiskan sisitem set up pencahayaan kalian, Sigertools sudah kompatibel dengan :

3ds max 2010 SP1, 2011, 2012, 2013 | V-Ray 2.0 and above | 32 and 64 bit.

Official Site : Sigertools


Sigertools Vray Studio Set up Pro Top Features:

  • Live creation of Studio Setups.
  • 15 different lighting setups supporting Small scale, Medium scale and Portrait studio.
  • Quick access to all of the items properties.
  • Completely customizeable generated Platform Objects (shape, length, height, width, roundness, material, etc.).
  • Completely customizeable generated Light Assemblies (light parameters, shape, length, width, etc.).
  • Completely customizeable generated Reflector Assemblies (color, shape, length, width, etc.).
  • Adapts V-Ray settings depending on choosen resolution.
  • Switch between Low and Production settings in one click.
  • Extended System of Presets.
  • Compatible with 3ds Max 2010/2013.
  • Compatible with V-Ray 2.0 and above
  • Friendly and simple interface

3D Network



Bergabung bersama teman-teman pecinta 3D dan dapatkan Update News tentang New Plugin dan Tutorial 3ds max, silahkan klik " Bergabung " di bawah



Selasa, 18 September 2012

Bekerja di CorelDRAW menggunakan Aplikasi Corel PHOTO-PAINT

Selama ini sebagian besar dari sobat Corelover belum faham bahwa disamping menggmbar vector CorelDRAW juga bisa untuk mengolah foto atau gambar bitmap. Dengan memanfaatkan fitur edit bitmap kita sudah bisa mengedit gambar bitmap yang sudah kita Import ke CorelDRAW atau gambar vector yang telah kita buat di CorelDRAW yang sudah di Convert ke bentuk Bitmap.


Sebagai contoh, kita bekerja dengan CorelDRAW dan kita sudah mengetik teks misalnya seperti dibawah ini;

Pada CorelDRAW tidak ada menu yang namanya Plastic... (adanya di Corel PHOTO-PAINT), dengan kenyataan seperti itu kita harus mengakal, kita bekerja dengan CorelDRAW tapi menggunakan Program Corel PHOTO-PAINT;

Langkahnya sebagai berikut;
Teks yang sudah kita buat tadi kita konversi dulu ke bentuk bitmap dengan cara pada Menu Bar > Bitmaps > Convert To Bitmap... sehingga muncul kotak dialog Convert To Bitmap klik OK sehingga gambar sampeyan sudah menjadi Bitmap;


Fitur-fitur untuk olah bitmap pada CorelDRAW terbatas, misalnya menu Efek Plastic, di CorelDRAW tidak ada, dan untuk mensiasati hal itu kita harus mengedit menggunakan Corel PHOTO-PAINT, dalam hal ini kita tidak perlu menutup program CorelDRAW, hanya dengan klik Edit Bitmap pada Property Bar kita sudah terhubung atau nge-link dengan program/aplikasi Corel PHOTO-PAINT;


Sehingga kita bisa dengan leluasa mengedit objek bitmap yang ada pada CorelDRAW dengan Corel PHOTO-PAINT dan kita cari menu yang dimaksud, dalam hal ini Efek Plastic, yang letaknya pada Menu Bar > Effects > Texture > Plastic...



Dan seterusnya sampai tercipta efek plastic yang di maksud;


Setelah selesai jangan lupa klik tombol Save, proses Save ini yang akan berpengaruh pada objek yang ada pada area kerja CorelDRAW, dan selanjutnya tutup Corel PHOTO-PAINT;


Setelah kita kembali ke aplikasi CorelDRAW maka objek bitmap kita tadi sudah berubah menjadi objek yang sudah ada efek Plastic-nya;


Setelah kita klik area kosong dan kita beri sedikit efek Drop Shadow hasilnya seperti gambar dibawah ini;


Jadi garis besarnya kita mengedit objek bitmap tidak perlu menutup CorelDRAW dengan tujuan untuk mempersingkat proses kerja kita....

Demikian, selamat mencoba...

Senin, 17 September 2012

FREE 3D Character : HUNTER

Silahkan download Free Character yang udah di RIG,...buat pemula RIG itu maksudnya sudah di beri tulang dan sudah terhubung dengan daging ( object 3D Character ) jadi tinggal digerak-gerakin,...bagi pemula untuk belajar ngegerakin character 3D nya bisa lihat di : KLIK DISINI

lihat di bagian koleksi Video tutorial Dedy syamsudin, disana ada pelajaran buat ngegerakin charater studio, bermanfaat banget buat pemula dan juga berguna buat yang sudah bisa,.


DOWNLOAD HERE

Jumat, 14 September 2012

Free Plugin : Forest Pack

Render Massive Scene di Mental Ray dan VRay

Render dipercepat menggunakan native shader untuk Mental Ray dan VRay dengan native proxy atau object mesh. Sebuah scene dapat mencakup 100.000 pohon dengan masing-masing
1 juta polys , dan render hanya dalam beberapa menit.

Paket hutan dioptimalkan untuk kecepatan. dan dapat membuat lebih dari 500.000 pohon per detik di viewport, memodifikasi parameter apapun dan membangun kembali mereka secara real-time.

dapat membuat film yang realistis dengan fitur animasi nya. Cukup gunakan object animasi atau proxy, Forest Pack akan mengulang dan mengacak / randomize object di TKP.

Menggabungkan dengan native shader, Anda dapat membuat area animasi vegetasi yang besar, kerumunan orang atau hal lain yang mungkin anda bayangkan atau inginkan.

Download Plugin nya dan Tutorialnya disini : CLICK HERE 

Kamis, 13 September 2012

FREE 3D CHARACTER : NARUTO

Silahkan download Free Character yang udah di RIG,...buat pemula RIG itu maksudnya sudah di beri tulang dan sudah terhubung dengan daging ( object 3D Character ) jadi tinggal digerak-gerakin,...bagi pemula untuk belajar ngegerakin character 3D nya bisa lihat di : KLIK DISINI

lihat di bagian koleksi Video tutorial Dedy syamsudin, disana ada pelajaran buat ngegerakin charater studio, bermanfaat banget buat pemula dan juga berguna buat yang sudah bisa,...selamet download

Selasa, 11 September 2012

FREE CHARACTER 3D : SASUKE

Silahkan download Free Character yang udah di RIG,...buat pemula RIG itu maksudnya sudah di beri tulang dan sudah terhubung dengan daging ( object 3D Character ) jadi tinggal digerak-gerakin,...bagi pemula untuk belajar ngegerakin character 3D nya bisa lihat di : KLIK DISINI

lihat di bagian koleksi Video tutorial Dedy syamsudin, disana ada pelajaran buat ngegerakin charater studio, bermanfaat banget buat pemula dan juga berguna buat yang sudah bisa,...selamet download


Senin, 10 September 2012

Videografi: Teknik Kamera Video dan Pengambilan Gambar


Kamera Video

Definisi
Kamera video adalah perangkat kamera yang digunakan untuk mengabil gambar bergerak dan menyimpannya pada media tertentu, dimana kemudian akan dilakukan proses pengolahan.
Jenis Kamera Video
1)      Berdasarkan Format
  • Analog
  • Digital
2)      Berdasarkan Media Rekam
  • Betamax
  • VHS
  • 8mm
  • VHS-C
  • DV(Digital Video)
  • Mini DV
  • Betacam
  • Memori stick
  • Mini Disc
Tahapan Memaksimalkan Penggunaan Kamera Video
Kenali dan Pahami Kamera Video
Semua alat yang akan digunakan harus benar � benar dikuasai supaya meminimalisasikan kesalahan pengambilan gambar nantinya.
Rekaman Video yang Layak Dilihat dan Disimpan
Rekaman video dikatakan layak untuk dilihat dan disimpan jika memenuhi 4 syarat : cukup pencahayaan, fokus, stabil dan cukup durasi.
Rekaman Video yang Layak Dinikmati
Rekaman video yang layak dinikmati harus memenuhi kaidah � kaidah sebagai berikut:
  • Balance, Framing, Compositions : Horizontal Lines, Vertical Lines, Thirds Ratio, Diagonal Lines, Triangle, Perspective, Looking Room, Walking Room, Head Room, Golden Mean, Background, Foreground.
  • Frame Cutting Points : Extreme Close Up, Big Close Up, Close Up, Medium Close Up, Medium Shot, Medium Long Song, Long Shot, Extreme Long Shot.
  • Other Types Of Shot : 2 Shot, 3 Shot, Group Shot, Over Shoulder Shot, Establishing Shot.
  • Camera Movement : Panning ( Left, Right, Up, Down ), Tracking ( In, Out, Follow, Revolve ), Truck ( Left, Right ), Zooming ( In, Out )
  • Camera Angle # 1 : Normal Angle, Low Angle, High Angle
  • Camera Angle # 2 : Objective Camera, Subjective Camera
  • Shot By Camera Positions : Face Shot, � Shot, Profile Shot, Over Shoulder Shot
  • � Shooting Rules : Jump Cut, Crossing The Line, Continuity
Rekaman Video yang Selesai dan Layak Tonton
Sebuah karya videografi yang selesai dan siap ditonton umumnya melewati tahap-tahap berikut ini:
  1. Pra Produksi : Proses perencanaan dan persiapan produksi sesuai dengan kebutuhan, tujuan dan khalayak sasaran yang dituju. Meliputi persiapan fasilitas dan teknik produksi, mekanisme operasional dan desain kreatif ( riset, penulisan outline, skenario, storyboard, dsb.).
  2. Produksi : Proses pengambilan gambar di lapangan (shooting).
  3. Pasca Produksi : Proses penyuntingan di ruang editing, memadukan hasil rekaman video dengan berbagai elemen audio visual lainnya.
  4. Presentasi : Menyajikan hasil penyuntingan (editing) dalam format siap tonton (kaset, VCD, DVD, dsb.)
  5. Distribusi : Penyebarluasan karya videografi (screening, penjualan,broadcastingwebcasting, dsb.).
Teknik Kamera : Pengambilan Gambar
Establingshing Shot (ES)
    Pengambilan gambar/shooting yang di ambil dari jarak yang sangat jauh atau dari �pandangan mata burung�, biasanya untuk membangun pengetahuan dimana lokasi kejadian.
    Long Shot (LS)
      Shooting dilakukan dari jarak jauh, tetapi tidak sejauh establish shot.digunakan untuk penekanan terhadap lingkungan sekitar atau setting dalam scene.
      Medium Shot (MS)
        Shooting untuk membuat frame actor. Biasanya dilakukan dari pinggang ke atas. Medium shot (MS) bias digunakan untuk membuat focus terhadap 2 orang actor yang saling berhadapan dan beinteraksi,missalnya: debat, berpelukan dan sebagainya.
        Over Tehe Shoulder Shot (OS)
          Shooting Untuk mengambil gambar actor melalui pundak actor yang lain,digunakan ketika para actor saling bertatapan muka satu sama lain.contoh salah satu actor berbicara kepada actor yang lain sedangkan yang lain mendengarkan.
          Close-Up (CU)
            Shoting diambil dari jarak dekat. Biasanya focus kepada wajah,digunakan untuk memperlihatkan ekspresi wajah/mimic dari actor. Memperhatikan detail objek,atau untuk mengarahkan audience pada suatu elemen yang dipentingkan.
            Tips Merekam Video Dengan Sempurna
            Jika memungkinkan, selalu pergunakanlah manual focus.
            1. Atur white balance pada setiap perpindahan lokasi atau pergantian sumber pencahayaan.
            2. Jika melakukan pengambilan gambar di luar ruangan (outdoor shooting), posisikan matahari di belakang anda. Begitu juga sumber pencahayaan lainnya.
            3. Gunakan tripod atau alat bantu lainnya.
            4. Dalam kondisi rekaman tanpa alat bantu (handhelds), pegang dan kendalikan kamera video Anda sedemikian rupa agar hasil rekaman tetap stabil (andaikan sebagai secangkir kopi panas).
            5. Gunakan zooming hanya untuk menata komposisi ambilan gambar. Hindari penggunaannya pada saat merekam (rolling), kecuali jika ada maksud untuk tujuan tertentu atau memang disengaja karena hasil rekaman akan diproses lebih lanjut (editing).
            6. Shoot to edit. Pastikan untuk memproses lebih lanjut setiap hasil rekaman Anda (editing). Untuk itu, rekaman video harus diciptakan dan dipersiapkan sedemikian rupa agar siap untuk diproses lebih lanjut (variasi dan kelengkapan gambar, durasi setiap shot, menghindari fasilitas kamera yang tidak diperlukan, dsb.)
            7. Jaga durasi setiap shot. Jangan terlalu panjang dan monoton (tanpa variasi), namun juga jangan terlalu pendek. Minimal antara 8 hingga 10 detik. Tidak ada batas maksimal karena tergantung action yang direkam. Namun sebaik sudah mulai merekam 3 hingga 5 detik sebelum action berlangsung. Berikan durasi yang sama setelah action berlangsung.
            8. Jaga setiap shot dalam kondisi steady tanpa pergerakan kamera, setidaknya selama 10 detik. Jika suatu shot akan berisi pergerakan kamera, berikan awalan dan akhiran dalam kondisi steady dengan durasi setidaknya 3 hingga 5 detik.
              1. Kajian Pustaka

              Teknik Pengambilan Gambar Video



              Posisikan diri Anda dan kamera Anda. Jika Anda menggunakan tripod, pastikan itu stabil dan tingkat (kecuali Anda memiliki alasan untuk itu menjadi miring). Jika tripod memiliki tingkat semangat, periksa.
              Jika Anda akan panning dan / atau memiringkan, pastikan bahwa Anda akan nyaman diposisikan sepanjang bergerak secara keseluruhan. Anda tidak ingin memulai panci, kemudian sadar bahwa Anda tidak dapat mencapai sekitar cukup jauh untuk mendapatkan akhir itu. Jika itu akan sulit, lebih baik Anda mencari posisi yang paling nyaman pada akhir bergerak, sehingga Anda mulai dalam posisi yang lebih canggung dan menjadi lebih nyaman setelah Anda menyelesaikan bergerak.
              Jika kepala tripod tidak memiliki mangkuk (ini termasuk yang paling murah tripod), itu sangat penting untuk memeriksa bahwa framing masih terlihat tingkat seperti yang Anda panci - mungkin baik-baik saja dalam satu arah tetapi menjadi mengerikan miring saat Anda menggeser kiri dan kanan .

              Jika Anda tidak menggunakan tripod, menstabilkan diri Anda dan kamera Anda sebaik mungkin. Jaga lengan dan siku dekat dengan tubuh Anda (Anda dapat menggunakan lengan Anda sebagai "kurung" terhadap tubuh Anda). Bernapaslah terus. Untuk tembakan statis, tempat kaki Anda di lebar bahu (jika Anda berdiri), atau coba menguatkan diri terhadap beberapa benda padat (furnitur, dinding, atau apa pun).

              Frame menembak Anda. Kemudian melakukan pemeriksaan mental dengan cepat: white balance, fokus, iris, framing (garis vertikal dan horisontal, latar belakang, dll).

              Pikirkan tentang audio Anda. Audio adalah sama pentingnya dengan visi, jadi jangan lupa tentang hal itu.

              Tekan "record". Setelah Anda merekam, pastikan bahwa Anda benar-benar merekam. Tidak ada frustrasi lebih buruk dari menyadari bahwa Anda sengaja merekam sepanjang waktu Anda menetapkan ditembak ke atas, lalu berhenti merekam bila Anda pikir Anda mulai.
              Banyak kamera tape "roll-dalam waktu", yang berarti bahwa ada penundaan antara saat Anda menekan merekam dan saat kamera mulai merekam. Melakukan beberapa tes dan mencari tahu apa gulungan-in kamera Anda waktu, sehingga Anda kemudian dapat kompensasi untuk itu.

              Jauhkan memeriksa menampilkan status dalam jendela bidik. Pelajari apa semua indikator mean - mereka dapat memberikan informasi yang berharga.

              Gunakan kedua mata. Sebuah keterampilan berharga adalah kemampuan untuk menggunakan satu mata untuk melihat melalui jendela bidik, dan mata lain untuk menonton lingkungan Anda. Dibutuhkan waktu untuk mendapatkan digunakan untuk itu, tetapi itu berarti bahwa Anda dapat berjalan-jalan saat pemotretan tanpa tersandung, serta mengawasi keluar untuk tempat tindakan yang terjadi. Ini juga lebih mudah pada mata Anda selama tunas panjang.

              Belajarlah untuk berjalan mundur. Memiliki seseorang menempatkan tangan mereka di tengah-tengah punggung dan membimbing Anda. Gambar ini dapat terlihat bagus.

              Anda akan sering melihat presenter televisi berjalan dan berbicara, sebagai operator kamera berjalan mundur menembak mereka.

              Terus berpikir "Framing ... Audio ..." Selama Anda merekam, berpikir tentang bagaimana komposisi frame berubah, dan apa yang terjadi pada suara.

              Tekan "berhenti record" sebelum pindah. Sama seperti di masih fotografi, Anda harus menunggu sampai satu detik setelah Anda selesai merekam (atau diambil foto) sebelum Anda pindah. Video rumah Terlalu banyak mengakhiri setiap tembakan dengan gerakan dendeng sebagai operator menekan tombol berhenti.

              Itu saja yang ada untuk itu! Akhirnya, inilah beberapa tips untuk menghabisi dengan ...

              Jadilah diplomatik saat pemotretan. Pikirkan tentang orang-orang yang Anda menembak. Ingatlah bahwa orang sering tidak nyaman tentang menjadi difilmkan, jadi cobalah untuk berhati-hati dan tidak mengganggu (misalnya, Anda mungkin ingin memposisikan diri Anda beberapa jarak dari subyek dan zoom in pada mereka, bukannya "di wajah mereka").

              Banyak orang menemukan lampu merah di rekaman kamera mengintimidasi, dan membekukan setiap kali mereka melihatnya. Cobalah meliputi cahaya dengan sepotong pita untuk meringankan masalah ini.

              Belajarlah untuk menilai saat itu layak membuat gangguan diri demi tembakan, dan ketika itu tidak. Jika itu sebuah tembakan yang penting, mungkin diperlukan untuk ketidaknyamanan beberapa orang untuk bisa melakukannya dengan benar. Tetapi jika Anda akan membuat musuh lebih dari sesuatu yang tidak penting, lupakan saja dan melanjutkan.

              Gunakan "tanggal / waktu cap" fitur hemat. Ini perlu untuk memiliki waktu dan tanggal ditampilkan di seluruh video Anda, dan itu tampak murah. Jika Anda harus memiliki itu di sana, membawa itu selama beberapa detik, kemudian membuangnya.

              Kamera digital modern memiliki kemampuan untuk menampilkan atau menyembunyikan tampilan ini pada setiap saat setelah perekaman.

              Bersiaplah untuk bereksperimen. Pikirkan tentang beberapa hal yang Anda ingin mencoba melakukan, kemudian mencoba mereka pada waktu itu tidak masalah (yaitu tidak percobaan saat pemotretan pernikahan). Teknik yang paling baru membutuhkan latihan dan eksperimen untuk mencapai keberhasilan, dan kerja kamera yang bagus membutuhkan pengalaman.

              Jika Anda ingin menjadi baik, Anda harus menginvestasikan waktu.

              Jumat, 07 September 2012

              Download Foto Real dengan Mesh Fill format CorelDRAW

              Kamis, 06 September 2012

              Cara Settings Default Color Management menjadi RGB

              Ada pertanyaan dari rekan pada Group, tentang bagaimana merubah default settings Color Management menjadi RGB pada CorelDRAW X5 (& X6);
              Langkahnya sebagai berikut;
              Tutup semua file yang ada, selanjutnya tekan tombol Ctrl+N di keyboard, ketika muncul kotak dialog Create a New Document pilih RGB pada Primary color mode dan klik OK;


              Setelah area kerja terbuka, pada Menu Bar > pilih Tools > Color Management > Default Settings...


              Sehingga munculah kotak dialog Default Color Management Settings, pada Primary color mode pilih RGB dan klik OK;


              Langkah selanjutnya pada Menu Bar > Color Palettes > pilih RGB palette;


              Sehingga muncul RGB palette dan tutup semua palet selain RGB, langkah terakhir pada Menu Bar > klik Tools > Save Setting As Default;


              Maka setiap kita membuka CorelDRAW X5 dan X6, maka setiap fitur yang berhubungan dengan Warna akan dalam bentuk RGB....

              Demikian...

              Rabu, 05 September 2012

              Mencetak Kartu Nama di CorelDRAW

              Ukuran standard kartu nama adalah 5.5 x 9 cm, untuk mencetak satu persatu Masbro akan memerlukan waktu lama untuk memenuhi target yang di inginkan, sehingga sampeyan harus men-setting menjadi beberapa objek desain kartu nama sesuai dengan ukuran kertas standard yang ada, seperti ukuran kertas A4 bisa menjadi 10  kartu nama dengan ukuran standard, di CorelDRAW Masbro sekalian bisa mencetak secara langsung 1 desain kartu mana menjadi beberapa/lebih dari 1 sesuai dengan ukuran kertas standard yang ada, triknya sebagai berikut;

              Setelah Masbro selesai membuat desain kartu nama, atur ukuran kertas Custom dengan ketik 9.0 x 5.5 sesuai dengan ukuran kartu nama;


              Klik tombol Print pada Property Bar;


              Klik Print Preview;


              Klik pada pilihan Imposition Layout tool dan atur pada Pager Across/Down sesuai dengan jumlah banyaknya yang akan sampeyan print dengan disesuaikan lebar kertas, disini misalnya kertas A4;


              Hasilnya seperti gambar dibawah ini, dan sampeyan siap untuk mencetak dengan tekan tombol (icon) Print;


              Demikian.....

              Selasa, 04 September 2012

              Membuat Foto Timbul di CorelDRAW


              Import Gambar apa saja dari computer Masbro atau dari internet, misal gambar seperti diatas selanjutnya buat kotak dengan Rectangle  tool di Tooolbox;


              Seleksi kotaknya dan tekan Ctrl+Q, selanjutnya dengan Shape tool atur kotak seperti gambar dibawah ini;


              Gandakan dan diperkecil kedalam selanjutnya seleksi kedua kotak tersebut dan tekan Combine pada Property Bar, beri warna putih;


              Buat objek baru seperti dibawah ini dengan Freehand tool di Toolbox, objek masih terseleksi kemudian dengan tekan tombol Shift di keyboard pilih objek kotak yang warna putih;


               Tekan tombol Trim pada Property Bar;


              Dan hasilnya seperti gambar dibawah ini dan beri efek Drop Shadow;


              Nah ini selanjutnya dengan klik Edit Bitmap... atur dengan Clone tool kalo belum paham apa itu Clone tool lihat dulu disini, hasil akhir akan seperti gambar dibawah ini


              Sekian, monggo kalo ingin mencoba....