Join The Community

Premium WordPress Themes

Search

Rabu, 10 Mei 2006

Self Potrait

Gimana rasanya mengerjakan speed drawing di tutas lalu? Tentunya agak kerepotan ya?
Nggak apa2x kok...asal sering belajar tentu hasilnya akan semakin bagus. Kalau bisa coba utk belajar sendiri dengan mengumpulkan 10 gambar referensi setiap minggunya dan kemudian latihan yang sama diulang dengan menggunakan waktu 1-2 menit saja pergambar. Jadi latihan kita akan selalu terbagi atas speed drawing (1,2-5 menit) , 30 minutes drawing dan 45 minutes drawing.

Oke sekarang saatnya kita memulai latihan Live drawing. Tidak ada yang lebih mengasyikkan daripada menggambar kita sendiri. Jadi latihannya sederhana saja:

  1. Siapkan cermin, kalau bisa yang berukuran cukup besar
  2. Gambar wajahmu sendiri

Tujuan dari latihan ini adalah:
  1. Mempersiapkan diri menggunakan model yang sesungguhnya
  2. Membuat kita mengenali diri kita sendiri.
Dengan membuat self potrait dengan cermin kita akan menyadari bahwa model sesungguhnya akan "selalu bergerak". Saat itu kepala kita akan membuat 2 gerak utama yaitu pada saat memandang cermin dan pada saat menggambar. Inti dari Live drawing sendiri adalah "menangkap moment" atau menghentikan sebuah gerakan menjadi momen diam yang bisa diabadikan.

Self Potrait adalah medium yang paling sering digunakan oleh pelukis2x terkenal seperti Albrecht Durer, Rembrant dan banyak pelukis lainnya.

Seperti biasa gw dan chris gak akan berhenti mengingatkan bahwa latihan yang diberikan di sini adalah latihan dasar. Dan semua latihan ini harus diulangi lagi terus menerus oleh elo sendiri utk mendapatkan hasil yang maksimal.

Utk tugas silakan ditulis dengan tugas11_nama_potrait
misalnya: tugas11_stanley_potrait

0 komentar:

Posting Komentar